Tuesday, 3 September 2013

Liverpool (mulai) Pragmatis?

Liga Inggris kembali bergulir, di tiga laga pembuka, Liverpool sukses mengantongi poin sempurna. 3 pertandingan, 3 kali tanpa kebobolan, dan memuncaki klasemen sementara. Meskipun hanya dengan 3 gol Daniel Sturridge.

Daniel Sturridge dan Martin Skrtel

Ini adalah start terbaik Liverpool dalam kurun waktu 19 tahun terakhir. Brendan Rodgers sepertinya mulai memahami bahwa tidak selamanya kemenangan didapatkan dengan permainan yang bagus. We are not Barcelona, guys. Masih terlalu dini untuk mengatakan bahwa Liverpool adalah salah satu pesaing juara liga Inggris musim ini. Tidak dipungkiri, City, United dan Chelsea lebih diunggulkan oleh para pundit dan rumah taruhan eropa. Pasca kemenangan atas United akhir pekan kemarin Rodgers mengatakan, bahwa masih ada 35 pertandingan lagi yang harus dijalani Liverpool. Baginya, meraih 3 poin di setiap pertandingan jauh lebih diutamakan ketimbang memikirkan peluang menjadi juara. He is a Boss!!.

Permainan Liverpool pragmatis?

Mengawali musim 2013/2014 menjamu Stoke City di Anfield, sebagian besar pendukung Liverpool merasa ragu Liverpool akan meraih 3 poin di pekan pertama, seperti yang sudah kita ketahui, Stoke City adalah tim yang sering mengutamakan adu fisik dalam pertandingan liga inggris, tidak jarang mereka disebut sebagai tim rugby. Daniel Sturridge seakan menjadi jawaban ditengah isu hengkangnya Suarez di bursa transfer musim panas kali ini. Golnya di babak pertama membuat seluruh fans Liverpool yang menyaksikan pertandingan laga perdana musim ini bersorak gembira. Namun, yang tyerjadi di babak kedua adalah, Stoke menekan Liverpool, bahkan mereka mendapatkan sebuah tendangan pinalti di 10 menit terakhir. Saya bersyukur Liverpool mengontrak Simon Mignolet dari Sunderland, eksekusi pinalti Walters  dimentahkan. 3 poin pertama musim ini diamankan.

Pekan kedua, Liverpool melakoni lawatan pertamanya ke kandang Aston Villa yang pekan sebelumnya mereka sukses membungkam Arsenal di Emirates dengan skor telak 1-3. Sturridge kembali menjadi pahlawan kemenangan Liverpool dengan gol tunggalnya di menit ke 20. Di babak kedua, Liverpool kembali tertekan, Aston Villa beberapa kali mengancam pertahanan Liverpool. Bahkan di menit-menit akhir, Benteke hampir saja membutyarkan kemenangan Liverpool jika bola sepakannya tidak ditepis oleh Mignolet.

Sebelum menjalani laga pekan ketiga, Liverpool melakoni laga piala liga melawan Notts County. Meskipun menang 4-2, Liverpool harus meraihnya lewat babak extra time, padahal sudah unggul 2-0 di babak pertama. Dalam pertandingan ini, Kolo Toure mengalami cedera yang kemudian membuatnya absen saat laga kontra United di pekan ketiga EPL. Laga Capital one Cup selanjutnya, Liverpool akan berhadapan dengan United pada pekan ketiga bulan september. Dan Luis Suarez akan kembali dari hukuman 10 pertandingan pada hari itu. Hi Evra, are you miss Suarez???.

Pekan ketiga EPL, Liverpool menjamu sang juara bertahan Man. United di Anfield. Laga yang berjalan sangat sengit, 6 kartu kuning menjadi bukti bahwa laga ini benar-benar menguras emosi para pemain kedua tim. David moyes kembali gagal meraih kemenangan di Anfield setelah gol cepat Daniel Sturridge di menit ke 4 sukses mengamankan 3 poin bagi Liverpool. Sekali lagi, Liverpool terlihat tertekan di babak kedua, bahkan secara keseluruhan, Liverpool kalah dalam penguasaan bola. Suatu hal yang sangat jarang dirasakan Liverpool musim lalu.

Sepertinya, memang fans Liverpool harus mulai terbiasa melihat tim kebanggannnya tidak menampilkan permainan umpan dari kaki ke kaki. Di tida pertandingan awal liga inggris sudah terlihat, bahwa ketika Liverpool berhasil unggul, para pemain bertahan menumpuk di depan kotak pinalti. Sehingga mereka bermain sabar, menanti lawan lengah, kemudian melakukan serangan balik. 

Delapan pemain baru.

Simon Mignolet, Kolo Toure, Iago Aspas, Luis Alberto, Aly Chissoko, Tiago Illori, Mamadou Sakho dan Victor Moses.

Simon Mignolet sejauh ini berhasil membuat fans Liverpool bahwa musim lalu ada Pepe Reina dibawah mistar gawang. Beberapa penyelamatan gemilang membuat kepercayaan dirinya meningkat. Kolo Toure berhasil menggantikan peran Carragher, memimpin pertahanan bersama Agger. Iago Aspas masih harus membuktikan bahwa ia adalah pemain no 9 yang tepat bagi Liverpool sebelum Suarez kembali dari masa hukumannya. Jika tidak, bangku cadangan akan sering ia rasakan sejak menit pertama di setiap pertandingan. Luis Alberto pun demikian, sepertinya ia harus terbiasa merasakan bangku cadangan di tiap pertandingan. 4 pemain lainnya baru akan bermain pada pekan keempat liga inggris.

Terserah apa yang mereka bilang jika Liverpool bermain pragmatis. Setidaknya selama 2 minggu kedepan, Liverpool berada di puncak klasemen Liga Inggris. #YNWA

0 komentar: