Thursday, 17 November 2011

Sepakbola menyatukan semua

Malam ini, sekitar 30 menit lagi, di stadion Gelora Bung Karno akan digelar laga pamungkas Group A antara Indonesia melawan Malaysia. Tidak bisa dipungkiri, pertandingan melawan Indonesia melawan Malaysia akan selalu berjalan dalam tensi yang tinggi, hal ini dikarenakan banyaknya konflik antara Indonesia dengan Malaysia. Konflik klaim kebudayaan lah, sengketa ambalat lah, kasus penyiksaan TKI dan lain sebagainya sudah sangat menyakiti hati rakyat Indonesia pada umumnya. Tak pelak, setiap pertandingan sepakbola yang melibatkan antara Indonesia dan Malaysia pasti akan berjalan dalam tensi tinggi. Selain sepakbola, badminton juga selalu dihiasi aroma konflik yang sama ketika Indonesia melawan Malaysia di berbagai kejuaraan.

Sayangnya, dalam dua tahun terakhir, Indonesia justru lebih sering dipecundangi oleh Malaysia. Masih ingat tentunya ketika di Piala AFF tahun lalu, Timnas Indonesia menghancurkan Malaysia di fase group dengan skor telak 6-0, tapi saat di Final, justru Indonesia yang harus gigit jari karena Malaysia yang mengankat piala. Aroma dendam ini juga akhirnya akan terbawa pada pertandingan malam ini.

Sepakbola menyatukan semua rakyat Indonesia. Sejenak kita akan melupakan sejumlah kekecewaan kita terhadap pemerintah saat ini, banyaknya kasus korupsi yang dilakukan oleh pejabat, anggota dewan yang bergaya hidup hedon dan lain sebagainya, sejenak akan dilupakan oleh rakyat. Semua bersatu. Sayangnya, apa yang selalu tersaji saat pertandingan Olahraga, tidak mengetuk hati para pejabat-pejabat itu, mereka asyik saja dengan apa yang menjadi rutinitas mereka.

Well, laga malam ini memang tidak merubah kepastian bahwa Indonesia sudah lolos ke babak semi final, tapi sekali lagi, laga malam ini tetap dengan judul yang sama. "Laga Harga Diri". Salam olahraga!

0 komentar: