Wednesday, 2 November 2011

Masih tentang Komodo

Komodo


Yup, kita tahu bahwa beberapa hari terakhir, Komodo menjadi perbincangan yang sangat ramai di dunia maya, terutama di Twitter. Salah satu kontestan New 7 Wonders ini ternyata mendapat perhatian yang sangat banyak dari pengguna twitter, kita tahu banyak pro kontra terhadap sebuah organisasi yang membuat kontes New 7 Wonders, bahkan UNESCO sendiri mengeluarkan sebuah pernyataan resmi di laman websitenya, yang pada intinya, Kampanye 7 kejaiban dunia yang didirikan oleh Bernard Webber ini tidak ada sangkut pautnya dengan UNESCO.

Dari berbagai Informasi yang saya dapatkan, bahkan UNESCO sudah sejak 1986 menetapkan Pulau Komodo sebagai situs warisan dunia. Kampanye Pulau Komodo sebagai salah satu dari New 7 Wonders ini sudah dimulai sejak Jero Watjik masih menjabat sebagai Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, hal ini juga bertujuan untuk mengangkat nama Pulau Komodo di mata Internasional, tapi pada faktanya, Pulau Komodo sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Kontroversi muncul ketika pihak penyelenggara menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan kontes New 7 Wonders ini, ternyata Indonesia diharuskan mengeluarkan sejumlah uang yang nominalnya mencapai ratusan milyar agar bisa melaksanakan event tersebut, karena uang yang dibutuhkan sangat banyak, kabarnya Indonesia memutuskan untuk megundurkan diri menjadi tuan rumah acara ini, tapi pihak penyelenggara tidak terima dengan keputusan ini, bahkan pernah mencoret Pulau Komodo dari finalis New 7 Wonders karena masalah ini. Aneh, hanya karena menolak menjadi tuan rumah, terus dicoret. Belakangan, panitia lokal, menunjuk Pak Jusuf Kalla untuk menjadi salah satu Ambassador untuk mengkampanyekan Pulau Komodo sebagai salah satu dari 7 kejaiban dunia. Hingga akhirnya, digalakkan sebuah dukungan dengan sistem SMS. Perbincangan tentang masuknya Pulau Komodo sebagai salah satu finalis New 7 Wonders terekam di situs salingsilang.

UNESCO sudah lebih dulu menetapkan Taman Nasional Komodo sebagai Situs Warisan Dunia pada 1986.

Ramainya perbincangan tentang Pulau Komodo semakin hari semakin ramai, sehingga banyak sekali informasi yang beredar di Twitter, yang lucu, tadi malam (1 November 2011), muncul sebuah hastag (tagar) #komodomovie , terpantau hastag tersebut muncul sekitar pukul 9 malam, dan sangat ramai, sehingga banyak tweet yang menggunakan tagar tersebut. Statistik yang direkam oleh salingsilang menunjukkan, bahwa tagar tersebut di tweet oleh sekitar 1800-an user.

Bagi saya, tanpa pengakuan dunia, Pulau Komodo adalah sebuah Kejaiban Dunia yang dianugerahkan oleh Allah swt kepada bangsa Indonesia.

Link terkait yang lain :

Komodo dan Nasinalisme buta kita
Maladewa mundur dari kontes 7 Keajaiban Dunia
Ancaman pencoretan Pulau Komodo dari daftar finalis New 7 Wonders

0 komentar: