Tuesday, 11 October 2011

Double Verification by Google

Akhir-akhir ini kita sering menjumpai problem e-mail di hack, yang kemudian berimbas pada pembobolan akun facebook, twitter atau akun-akun di dunia maya lainnya. Ternyata, Google telah berusaha mencegah para hacker untuk menjebol sistem kemanannya, salah satu layanan yang difasilitasi oleh Google adalah Using 2-Step Verification. Sistem kerjanya seperti judul postingan saya ini, ada dua kali verifikasi saat kita login ke akun Gmail kita.



2 Steps Verivication by Google

Kalau kalian perhatikan gambar diatas, itu adalah menu ketika kita ingin mengaktifkan 2 step verivication, menu diatas dapat ditemukan di menu setting -> Personal Setting atau yang sudah menggunakan Google+ bisa dilihat di menu Account Overview. Nah, sistem kerjanya adalah ada dua kali verifikasi, saat kita pertama kali login ke akun Gmail kita, yang diminta pertama kali adalah password email, saat kita sudah menginputkan password, kemudian kita akan mendapatkan sebuah SMS dari Server Google yang berisi nomor verifikasi untuk verifikasi step 2, hal ini akan sangat membantu kita dalam menjaga akun kita dari serangan hacker usil yang ingin menjebol email kita, dan biasanya akan menjebol akun facebook atau twitter kita.

Fasilitas ini dapat kita nikmati tentunya setelah kita menginputkan nomor handphone kita, karena saat kita mendaftarkan no handphone kita ke server Google, maka dalam hitungan detik, kita akan menerima verifikasi yang pertama yang menandakan bahwa nomor handphone kita itu adalah benar-benar nomor handphone yang kita gunakan. Satu yang perlu diperhatikan, nomor verifikasi yang dikirim oleh Google saat kita mendaftarkan nomor handphone kita itu hanya bisa dipakai sekali, kemudian ketika kita sudah mengaktifkan 2 step verification ini maka pada saat login pertama ke Gmail, setelah kita menginputkan password Gmail, kita akan mendapatkan nomor verifikasi yang akan digunakan sebagai verifikasi kedua setelah kita menginputkan password kita. sekilas memang cukup ribet, namun demi keamanan akun Gmail kita, kenapa tidak?. Dan nomor verifikasi ini akan berlaku selama 30 hari jika kita login menggunakan komputer yang sama dalam jangka waktu 30 hari setelah mendapatkan nomor verifikasi tersebut, jika kita di lain hari login ke akun Gmail kita dengan komputer lain, maka server Google secara otomatis akan mengirimkan SMS yang berisi nomor verifikasi yang berbeda.

Finally, saran saya, jangan publish email kalian di akun facebook atau twitter, siapa tahu ada hacker usil yang mau menjahili akun facebook kalian.

0 komentar: