Friday, 19 August 2011

Pernikahan Adalah......

Setidaknya ada 4 macam pernikahan yang ada di dunia ini,
1. Pernikahan antara Allah swt dengan hambanya.
Allah swt menciptakan jin dan manusia sejatinya adalah untuk beribadah, dimana Allah swt memberikan banyak sekali anugerah kepada makhluk yang Dia ciptakan di dunia ini. Allah swt tidak akan mewajibkan sesuatu kepada manusia sebelum Allah memberikan fasilitasnya. Contoh kecil adalah sholat. Allah tidak mewajibkan seorang anak kecil yang belum baligh untuk sholat, namun ketika fasilitas yang menjadi syarat dan rukun sholat itu sudah diberikan oleh Allah swt, maka wajiblah bagi seorang manusia untuk mendirikan sholat, fasilitas itu bisa macam-macam jenisnya, bisa kesehatan, bisa pakaian, bisa akal, dan yang lainnya. Begitu juga dengan ibadah yang lain seperti Zakat, Puasa, dan Haji. Sebelum mencapai nishab, maka kita tidak diwajibkan untuk berzakat, sebelum dewasa, maka seorang muslim belum diwajibkan untuk puasa, dan sebelum "mampu", kita juga tidak diwajibkan untuk melaksanakan ibadah Haji.

2. Pernikahan antara manusia dengan alam semesta.
Manusia dan alam semesta seisinnya sudah sewajarnya "menikah", saling menjaga dan saling melengkapi. Bukan malah saling menyakiti satu sama lain, yang terjadi saat ini, justru manusia lebih sering menyakiti alam semesta ini, mulai dari pembalakan liar yang mengakibatkan penggundulan hutan, semakin banyaknya alat elektronik sehingga sebuah sebutan Global Warming muncul sekarang, sehingga bermunculan berbagai gerakan untuk menyelamatkan Bumi. Disaat manusia ada yang menyakiti Bumi, manusia yang lain tetap menyayangi Bumi dengan caranya sendiri-sendiri.

3. Pernikahan antara Raja (pemimpin/pemerintah) dengan rakyatnya.
Hakikat pernikahan antara Raja dengan rakyatnya juga hampir sama, ketika Raja sudah memberikan fasilitas kepada para rakyatnya, maka rakyat juga berkewajiban memenuhi kewajibannya sebagai rakyat, mulai dari menaati peraturan dan perundang-undangan, membayar pajak, menjaga keutuhan dan kedaulatan sebuah kerajaan (pemerintahan), menjaga rahasia negara dan lain sebagainya. Sayangnya, saat ini lebih sering terjadi kebalikannya, Rakyat diminta memenuhi kewajibannya sebagai rakyat, namun sang Raja tidak memberikan fasilitas kepada rakyatnya.

4. Pernikahan antara Laki-laki dengan perempuan.
Inilah pernikahan antara dua manusia untuk membangun sebuah "negara" kecil, bernama Keluarga. Pernikahan antara seorang laki-laki dengan seorang perempuan merupakan salah satu sunatullah, dimana antara suami istri akan saling melengkapi dalam membangun sebuah keluarga.

0 komentar: